Jumat, 06 Mei 2016

Apasih yang harus dilakukan ketika menjadi mahasiswa baru ?



Mahasiswa, mungkin mendengar kata itu bagi kalian yang baru lulus SMA kelihatan asyik ? sebenarnya menjadi mahasiswa itu sangat berbeda dengan apa yang digambarkan di FTV FTV . wkwkwk . tapi tenanglah menjadi mahasiswa juga tidak semenakutkan itu. Ini mungkin beberapa tips bagi kalian para mahasiswa baru :

1.      Rumuskan Cita-cita kamu

Tujuan kalian kulliah apa? mengejar cita cita mungkin merupakan salah satu tujuan kuliah kita. awal masa perkuliahan merupakan titik awal yang sangat menentukan masa depan kuliah mu. merumuskan kembali cita cita kalian adalah hal yang sangat penting sebagai awal kesuksesan kalian di universitas. jika mungkin awalnya kalian kesulitan menentukan pilihan program studi , maka cita cita akan sangat membantu kalian dalam memilih program studi yang tepat. jika sudah dapat program studi yang cocok, sekarang kembali berpikir, jika kuliah sudah selesai, saya akan menjadi apa? agar tidak salah, rumuskanlah kembali cita cita agan sejak awal.

2.      Targetkan IP mu sejak awal
Sebagai mahasiswa baru, mungkin agan belum mengenal yang namanya IP. IP adalah singkatan dari indeks prestasi, hasil akademik kamu selama satu semester. ada juga dikenal istilah IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang merupakan gabungan IP IP setiap semester. sebagai mahasiswa baru, menargetkan IP sejak awal akan sangat membantu agan menjadi mahasiswa yang hebat. sesuaikanlah dengan cita cita yang sudah kalian rumuskan, jika kalian ingin lanjut di program S2 yang berkualitas, maka IP tinggi adalah harga mati. tapi jika kalian hanya ingin menjadi seorang politikus, yang lebih suka berorganisasi, IP Yang secukupnya saja, asalkan lulus tentunya.






3.      Temukan cara belajar yang menurutmu paling ideal

Ini juga merupakan kunci kesuksesan buat kalian di dunia kampus. setiap orang memang memiliki banyak cara belajar efektif yang berbeda beda. ada yang suka belajar di malam hari, ada juga yang suka belajar di malam hari bahkan di saat subuh subuh sebelum pagi. eksplorasilah terus cara belajar kalian, coba semua gaya belajar yang kalian tau, sampai kalian menemukan cara belajar yang paling baik buat kalian. jika sudah, gunakan terus gaya belajar itu, dan sukseslah menjadi mahasiswa.

4.      Jangan Gegabah mengikuti Organisasi

Organisasi memang penting buat kita. apalagi dikampus, begitu banyak organisasi bermacam jenis yang kalian dapat temukan. dalam mengikuti organisasi, sebaiknya kalian pertimbangkan dulu, jangan gegabah. kembali ke tujuan awal kalian, apakah kalian ingin mendapatkan IP tinggi? waktu belajar wajib ada buat kalian, oleh karenanya, pilihlah organisasi yang kiranya tidak mengganggu waktu belajar kalian.








5.      Bersenang-senanglah sesekali

Sebagai mahasiswa baru, kalian mungkin sangat merasakan perbedaan antara cara belajar agan waktu SMA dengan Cara belajar di dunia kampus. begitu banyak tekanan yang akan kalian hadapi dalam masa perkuliahan awal kalian, mulai dari tugas tugas yang menumpuk, jadwal ujian yang padat, aktivitas organisasi, dan lain lain. saat pressure begitu banyak, kalian tentu saja memerlukan kegiatan bersenang senang. tapi, cobalah kegiatan fun yang berbeda dari kebiasaan kamu waktu SMA. jika waktu SMA kalian suka bersenng senang di mall, maka sekarang cobalah melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat, misalkan olahraga, dan lain lain.

0 komentar:

Posting Komentar